20 Oktober 2013

DAN BROWN: INFERNO

Photo (C) Ferdy
Setelah Digital Fortress, Deception Point, Angels & Demons, The Da Vinci Code, dan The Lost Symbol, Dan Brown menulis novel berikutnya, Inferno, yang beberapa hari yang lalu diterbitkan oleh Penerbit Mizan, dan bukunya tersedia dalam edisi hardcover maupun paperback.

Inferno didasarkan pada bagian pertama dari The Divine Comedy, sebuah mahakarya yang ditulis oleh Dante Alighieri pada abad ke 14, yaitu kumpulan canto puisi yang terdiri atas 3 bagian, yaitu Inferno (neraka), Purgatorio (tempat penyucian), dan Paradiso (surga). Isinya mengenai perjalanan Dante menelusuri ke tiga tempat tersebut ditemani oleh Virgil. Gambaran Dante tentang neraka, terutama, menjadi acuan bagi generasi berikutnya mengenai siksa-siksa neraka yang digambarkan secara mengerikan, fantastis, dan membuat bulu kuduk merinding. Selama tujuh abad sejak penerbitannya, visi neraka Dante yang terus bertahan telah menginspirasi penghormatan, rujukan, penerjemahan dan variasi oleh berbagai otak kreatif terhebat dalam sejarah, Longfellow, Chaucher, Marx, Milton, opera Wagner, dan lain-lain.

Bagi yang ingin membaca The Divine Comedy bagian pertama yang membahas Inferno, anda bisa membacanya di sini.

Seperti Angels & Demons, The Da Vinci Code dan The Lost Symbol, banyak bagian-bagian dalam Inferno yang mengingatkan saya pada salahsatu buku favorit: "A Short History of Nearly Everything", yaitu ketika Dan Brown, yang dalam hal ini diwakili oleh tokoh utama Robert Langdon, menjelaskan tentang sebuah karya seni, siapa pembuatnya, dan hal-hal yang terjadi pada karya seni tersebut. Robert Langdon, tokoh utama dalam 4 novel terakhir, adalah profesor simbologi dan seni dari Harvard, dan petualangannya telah dituangkan dalam dua film oleh sutradara Ron Howard. Dalam film Angels & Demons dan The Da Vinci Code, Robert Langdon diperankan oleh Tom Hanks.

Inferno dimulai ketika Langdon terjaga di rumah sakit di Florence, Italia, setelah sebuah pembunuhan terhadapnya gagal, dan Dan Brown mengalami amnesia jangka pendek. Dia tidak tahu mengapa dia berada di rumah sakit tersebut, kenapa ada luka di kepalanya, mengapa dia hendak dibunuh, dan mengapa dia selalu mendapatkan mimpi yang berulang mengenai seorang wanita tua yang berada di seberang sungai berair merah darah, dan mengapa ada sebuah tabung bertanda biohazard di saku jaketnya. Dengan bantuan Dr. Sienna Brooks, wanita Inggris pelarian yang juga terdampar di Florence, Langdon menelusuri petunjuk-petunjuk yang ada dan mendapatkan bahwa dunia terancam kiamat karena satu fakta: overpopulation. 

Populasi dunia perlu ribuan tahun--mulai dari awal mula manusia hingga awal 1800an--untuk mencapai 1 milyar penduduk. Lalu secara menakjubkan, hanya perlu waktu satu abad untuk melipatduakan jumlah populasi tersebut menjadi dua milyar pada tahun 1920-an. Setelah itu, hanya perlu limapuluh tahun untuk berlipatdua lagi menjadi empat milyar tahun 1970-an. Tak lama lagi jumlah penduduk dunia akan mencapai 8 milyar. Saat ini setiap tahun penduduk bumi bertambah sekitar seperempat juta orang. Dalam waktu tak sampai 50 tahun ke depan, jumlah yang ada sekarang akan berlipat tiga, sekitar 24 milyar. Ini menurut perhitungan progresi geometris. 

Dengan jumlah penduduk seperti itu, spesies hewan akan punah dengan tingkat percepatan yang drastis, permintaan akan sumber daya alam yang sudah menyusut akan meroket, air bersih akan makin sulit ditemukan, dan bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, akan habis dalam percepatan yang luarbiasa, seiring dengan jumlah manusia pemakainya. Dalam waktu tak lama lagi, segala sumberdaya ini akan punah, pohon-pohon akan semakin sedikit seiring pertumbuhan perumahan dan bangunan untuk manusia. Hewan-hewan liar akan kerap memasuki pemukiman, dan dengan sendirinya mempercepat kepunahan hewan-hewan tersebut. Anak dan cucu kita, akan hidup di dunia yang padat manusia, di mana sumberdaya alam adalah sebuah kemewahan besar. Udara yang kita hirup akan beracun, lebih banyak karbon dioksida daripada oksigen, dan sampah di mana-mana, menjadi racun bagi tanah, laut, dan udara.

Maka visi dalam film-film seperti Elysium, Oblivion, Wall-E, dan lirik dalam lagu The Final Countdown nya Europe, di mana manusia meninggalkan bumi dan membentuk peradaban di planet lain, akan menjadi kenyataan sejarah yang muram.

Machiaveli pernah menulis, bahwa: "ketika semua tempat di dunia penuh sesak oleh penghuni sehingga mereka tak bisa bertahan hidup di tempat mereka berada namun juga tidak bisa pindah ke tempat lain, maka dunia akan membersihkan dirinya sendiri."

Machiavelli berbicara tentang wabah sebagai cara alami dunia untuk membersihkan dirinya sendiri.

Thomas Robert Maltus dalam tulisannya yang berjudul An Essay on the Principle of Population, mengatakan: "kekuatan populasi sangat mengungguli kekuatan bumi untuk menghasilkan penghidupan bagi manusia, sehingga kematian prematur harus mengunjungi umat manusia. Sifat jahat manusia bersifat aktif dan dapat berfungsi untuk mengurangi populasi. Sifat-sifat alami manusia bisa menyebabkan pemusnahan besar, dan seringkali menjadi solusi bagi overpopulasi. Namun, seandainya kejahatan gagal melancarkan perang dan pemusnahan, masih ada musim penyakit, epidemi, wabah yang mampu menyapu puluhan ribu manusia, dan lalu wabah kelaparan besar yang tak terhindarkan akan membuntuti dari belakang, dengan satu pukulan kuat akan menyeimbangkan populasi dengan jumlah makanan dan sumberdaya yang tersedia di dunia."

Dalam novel Inferno, Bertrand Zorbist, ilmuwan yang memiliki kekuasaan luarbiasa, menyewa sebuah organisasi rahasia yang dikenal sebagai Konsorsium, untuk melaksanakan pemusnahan masal manusia, dengan langkah-langkah yang telah direncanakan secara matang. Berdasarkan rasio sumberdaya dan populasi, populasi ideal manusia di bumi untuk setiap orang dapat hidup secara sejahtera adalah 4 milyar. Dan Bertrand Zorbist bermaksud memusnahkan separuh dari populasi manusia sekarang, dengan tujuan untuk menghindari kiamat di masa datang dan menyelamatkan bumi. Walaupun kemudian ia meninggal karena bunuh diri, namun pelaksanaan ide gila tersebut tidak menjadi batal, karena pelaksananya adalah organisasi rahasia Konsorsium, yang keberadaannya juga misterius, namun memiliki koneksi yang kuat dengan beberapa lembaga dan pemerintahan negara-negara besar.

Dan hanya Robert Langdon, dengan bantuan dr. Sienna Brooks yang cerdas lah, yang memegang petunjuk untuk mencegah ide gila Bertrand Zorbist itu terlaksana. Langdon, berpacu dengan waktu dan detik-detik menegangkan, menelusuri jalanan dan bangunan indah di Florence yang penuh mahakarya seni dari jaman Renaissance untuk menemukan petunjuk-petunjuk dan mencegah separuh umat manusia dari kepunahan. (Ferdy - Batam 20102013)

"Tempat tergelap di neraka disediakan bagi mereka yang tetap bersikap netral di saat terjadi krisis moral." (Dan Brown: Inferno)



24 komentar:

  1. Hmm is anyone else encounte&X72;&X69;ng ρroblems wіth the pіctures
    on this blog loading? I'&X6D; trying to dеtermine if its
    a problem on my e&X6e;d &X6f;r if it's t&X68;е blog.

    Any feed-back wou&X6c;&X64; be great&X6c;y appreciatеd.


    Stop bу my &X70;age: Google

    BalasHapus
  2. I hardly comment, but i did a few searching and wound up here
    "DAN BROWN: INFERNO". And I actually do have 2 questions for
    you if it's allright. Could it be only me or
    does it give the impression like a few of the comments come across like coming from brain dead folks?
    :-P And, if you are writing at other sites, I'd like to keep up with anything fresh you have to post.
    Would you make a list of every one of all your social sites like your
    twitter feed, Facebook page or linkedin profile?


    Feel free to visit my site; hk seo

    BalasHapus
  3. I think that is among the such a lot important information for
    me. And i'm glad reading your article. But should observation on some normal things, The website style is wonderful, the articles is actually excellent : D.
    Just right task, cheers

    My blog 網上廣告

    BalasHapus
  4. What's up colleagues, how is everything, and what you want to say concerning this paragraph, in my view its
    really awesome in favor of me.

    Feel free to visit my homepage: motorhome brokerage

    BalasHapus
  5. Great post! We will be linking to this great article on our website.
    Keep up the good writing.

    Feel free to visit my homepage; art

    BalasHapus
  6. This is my first time go to see at here and i am truly happy
    to read everthing at alone place.

    Take a look at my blog ... local seo

    BalasHapus
  7. These are genuinely great ideas in on the topic of blogging.
    You have touched some fastidious things here. Any way keep up wrinting.


    Also visit my web site :: 搜索引擎優化

    BalasHapus
  8. Hi! I know this is kinda off topic however
    , I'd figured I'd ask. Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog article or vice-versa?
    My blog discusses a lot of the same subjects as yours and I feel we could greatly benefit from each other.
    If you are interested feel free to shoot me an email.
    I look forward to hearing from you! Superb blog by the way!



    Also visit my webpage: used motorhomes for sale

    BalasHapus
  9. Tremendous issues here. I'm very satisfied to peer your article.
    Thank you a lot and I am having a look ahead to contact you.
    Will you please drop me a e-mail?

    my weblog; enagic

    BalasHapus
  10. Good post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon on a daily
    basis. It will always be useful to read through articles from other writers and use a little something from other sites.


    my web page - used motorhomes

    BalasHapus
  11. I really like reading through a post that can make men and women think.
    Also, many thanks for allowing for me to comment!


    Also visit my weblog; motorhomes

    BalasHapus
  12. First off I would like to say excellent blog! I had
    a quick question that I'd like to ask if you do not mind.
    I was curious to find out how you center yourself and clear your mind before writing.

    I have had a difficult time clearing my mind in getting
    my thoughts out there. I truly do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to
    15 minutes are usually lost just trying to figure out how to begin.
    Any ideas or tips? Thank you!

    Feel free to visit my homepage motorhomes nottinghan

    BalasHapus
  13. Asking questions are really good thing if you are not understanding anything completely, except this
    post presents nice understanding yet.

    my web-site - Business Electricity Rates

    BalasHapus
  14. Sofia Mondok іs an athlete accustomed tߋ posture shirts.
    Ιn North Carolina, tҺe city ߋf Greensboro has plastic surgeons ѡho mɑy
    аlso use advanced fractionated СO2 lasers tο improve the fɑсe's օverall health and vitality.
    Apply աith a brush to the deepest or darkest aгeas eѕpecially the eye аrea to prepare
    for concealer.

    Feel free tο surf to mʏ webpage; Kinnoperation

    BalasHapus
  15. I am curious to find out what blog system you have been using?
    I'm having some small security problems with my latest blog and I would like to
    find something more safeguarded. Do you have
    any suggestions?

    my weblog sell my motorhome fast

    BalasHapus
  16. Everything is very open with a really clear explanation of the challenges.
    It was definitely informative. Your website is very useful.

    Thank you for sharing!

    Here is my blog post ... used motorhomes

    BalasHapus
  17. Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a blog web site?
    The account aided me a acceptable deal. I had been a little
    bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea

    My web site; 除甲醛

    BalasHapus
  18. Good day! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay.
    I'm undoubtedly enjoying your blog and look forward to new posts.



    Here is my page - motorhome brokers

    BalasHapus
  19. Excellent article. Keep writing such kind of information
    on your site. Im really impressed by your blog.
    Hello there, You have performed an incredible job.
    I will certainly digg it and for my part recommend to my
    friends. I am sure they will be benefited from this site.


    Review my homepage ... autocruise motorhomes for sale

    BalasHapus
  20. With havin so much content do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation?
    My blog has a lot of completely unique content I've either written myself
    or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the
    internet without my authorization. Do you know any solutions
    to help stop content from being stolen? I'd really appreciate it.


    Here is my web-site :: What To Look For When Purchasing A Next

    BalasHapus
  21. Its like you learn my thoughts! You seem to understand a lot about this, such as you wrote the ebook in
    it or something. I believe that you can do with a few % to drive the message home a bit, but instead of that,
    this is magnificent blog. An excellent read. I will definitely be back.


    Also visit my web page :: 鑽石能量水

    BalasHapus
  22. Hello, Neat post. There's a problem with your web site in web explorer, would test
    this? IE nonetheless is the marketplace leader and a good part of people will leave out
    your great writing because of this problem.

    My web page :: used motorhomes

    BalasHapus
  23. Hi there fantastic website! Does running a blog like this take a lot of work?
    I have very little expertise in coding but I was hoping
    to start my own blog in the near future. Anyway, if you have any ideas or techniques for new blog owners please share.
    I understand this is off subject nevertheless
    I simply had to ask. Appreciate it!

    Review my webpage; 清潔服務公司

    BalasHapus
  24. Hello There. I discovered your blog the use of msn.

    That is a very smartly written article. I'll make sure to bookmark it and
    come back to learn more of your helpful information.
    Thanks for the post. I'll certainly comeback.

    Also visit my web site; 避孕丸

    BalasHapus