13 Maret 2023

Apple Developer Academy Di Batam

 


(Di bagian bawah tulisan ini ada link untuk mendaftar di Apple Developer Academy batch ke 3 untuk tahun 2024)

Beberapa malam yang lalu Mas Hadi pulang dengan ransel yang terlihat berat. Dia mendatangi saya di kamar, lalu dari dalam tas ranselnya dia mengeluarkan satu buah laptop Macbook Pro M2, kemudian satu unit Apple Watch 8, lalu satu unit iPhone 14. Sambil senyum-senyum, dia mengatakan bahwa per tanggal 6 Maret, dia akan menjadi pelajar sekaligus magang di Apple Developer Academy di Nongsa Digital Park. Hadi lalu menunjukkan badge-nya yang dikeluarkan oleh Apple Developer Academy yang bekerjasama dengan Infinite Learning. 

Lalu bagaimana pekerjaannya sebagai Business Analyst di OnebyOne Logistical yang ditekuninya selama setahun terakhir? Ternyata dia mendapatkan dispensasi dari atasannya untuk dapat bekerja setengah hari dalam 5 hari kerja. Jadi pengaturannya begini: Dari jam 07.00 wib sampai dengan jam 12.00 tengah hari dia bekerja untuk OnebyOne Logistical, bisa dari rumah maupun dari kantornya di Gedung Graha Pena Batam Center. Tentu saja ada konsekuensinya, gajinya bakalan dipotong separuh. Kemudian pukul 13.00 hingga 18.00 dia harus sudah berada di Gedung Apple Developer Academy yang berada di kawasan Nongsa Digital Park, di daerah berhutan ujung di Nongsa sana. 

OnebyOne Data Products sendiri sebuah perusahaan startup yang menyediakan layanan logistik dengan memanfaatkan pengembangan aplikasi dan integrasi sistem dari multiplatform. ( www.onebyone.io) . Dia dulu mendapatkan pekerjaan itu sekembalinya dari Jepang, karena klien utamanya adalah perusahaan-perusahaan Jepang seperti Matsushita, Yanmar, Rakuten dan lain-lain

Nah, Apple Developer Academy adalah sebuah akademi yang didirikan dengan tujuan untuk mempelajari pembuatan dan pengembangan software yang telah dibuat oleh Apple sehingga para lulusan dari akademi ini dapat menjadi profesional developer. Saat ini hanya ada 4 negara yang terdapat Apple Developer Academy, yaitu Brazil, Italia, India dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, hanya ada 3 Apple Academy, yaitu yang di Universitas Ciputra Surabaya, dan di BINUS yang ada di Tangerang, dan terakhir di Infinite Learning di Batam.

Mas Hadi selain diberikan idevice seperti iWatch, Macbook dan iPhone seri terbaru, juga akan mendapat gaji dari Apple Developer Academy. Makanya dia rela dan ikhlas mengorbankan pekerjaan dan gajinya setengah, karena setengah lagi akan dibayarkan oleh Apple. Selama di Apple Developer Academy, para peserta akan dibimbing oleh para mentor untuk membuat sebuah aplikasi yang mampu memberikan solusi bagi seluruh permasalahan yang ada di tengah masyarakat, tentu saja dengan platform yang bekerja di iOS, Macbook dan idevice lainnya.  Agar para peserta benar-benar membuat sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, Apple Developer Academy membuat sebuah program yang diberi nama Challenge-Based Learning (CBL), bukan BCL atau Bunga Citra Lestari ya?

Program ini memberikan tantangan kepada para peserta academy untuk selanjutnya dijadikan dasar pembuatan aplikasi. Meski begitu, para peserta academy tidak akan bekerja sendiri-sendiri melainkan secara berkelompok (teamwork). Jadi tidak berkutat membuat coding saja sendirian, melainkan juga ada diskusi, permainan, field trip dan lain-lain. 

Academy ini hanya berjalan selama 9 bulan, lalu pesertanya akan diwisuda. Peserta akan memiliki sertifikasi/ijazah langka yang banyak diburu dan diminati, karena skill yang dimiliki akan mampu mengelola web system development, Progressive Web App (PWA), Mobile App Development, dan Digital Marketing, pekerjaan masa depan yang tentu saja berkait erat dengan teknologi, internet, dan artificial intelligent (kecerdasan buatan), yang nantinya bakalan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari (bahkan sekarangpun, internet dan AI sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari). 

Berikut keuntungannya mengikuti program di Apple Developer Academy:

1. Berkonsep scholarship-internship, membuat Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang saat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program ini. Justru, Anda akan mendapatkan allowance (semacam gaji/income) dari Apple selama mengikuti program ini.

2. Para peserta juga akan mendapatkan fasilitas penunjang untuk mengembangkan aplikasi berbasis iOS, seperti iPhone dan MacBook. Selain itu, dengan mengikuti academy ini, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lain, seperti Apple Watch serta perangkat Apple lainnya jika memang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi yang ingin dibuat.

3. Setelah berhasil membuat aplikasi, maka secara otomatis Anda akan langsung mendapatkan hak cipta aplikasi (Intellectual Property/ IP) secara utuh tanpa memberikan royalti kepada Apple. Hal ini tentu akan membuat Anda dapat mencantumkan nama Anda pada aplikasi tersebut di portfolio Anda.

4. Pada akhir program academy, terdapat sebuah ajang bernama Talent Spark, yaitu suatu ajang dimana Apple Developer Academy akan mempertemukan para peserta academy dengan beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan Apple sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi sebuah proses rekrutmen.

5. Anda juga akan memperoleh kesempatan untuk mengikuti acara tahunan dari Apple yang bernama WWDC (Worldwide Developer Conference). Di sini, Anda akan mendapatkan banyak training lanjutan, termasuk mendapatkan training langsung di kantor pusat Apple.

6. Dengan menjadi peserta Apple Developer Academy, Anda akan dibentuk menjadi seorang profesional developer yang mempunyai banyak kemampuan, seperti teknologi, bisnis, desain, dan berkomunikasi di antara sesama tim.

7. Menjadi peserta Apple Developer Academy, tentu akan membuat Anda mempunyai koneksi atau jaringan yang cukup banyak bahkan hingga ke dunia internasional. Hal ini tentu akan membuat Anda mempunyai banyak relasi saat melamar sebuah pekerjaan atau berbisnis.

Saat ini Apple Developer Academy yang di Nongsa Batam per tanggal 6 Maret 2023 akan menjalankan program magang batch yang ke dua. Batch berikutnya untuk tahun 2024 sudah dibuka lowongannya. Bagi yang tertarik bisa mengklik link ini:

https://apply.developeracademy.infinitelearning.id/register

Tidak ada komentar:

Posting Komentar