08 September 2007

Casablanca

"...I thought you fell in love with me watching Casablanca
Holding hands 'neath the paddle fans
In Rick's candle lit cafe
Hiding in the shadows from the spies
Moroccan moonlight in your eyes
Making magic at the movies in my old Chevrolet.."

Pernahkah Anda mendengar lagu Casablanca yang dinyanyikan Bertie Higgins? Lagu itu mengisahkan tentang sepasang manusia yang menonton film Casablanca. Filmnya sendiri diproduksi tahun 1942, dibintangi oleh Humprey Bogart dan Ingrid Bergman, merupakan film yang melegenda dan selalu dibicarakan. Yang saya ingat adalah karakter keras y
ang dimainkan Damon Wayans di film The Glimmerman (bareng Steven Seagal), yang menangis tersedu-sedu usai nonton film itu. Tentu saja film Casablanca bukanlah film cengeng. Ini film yang berkisah tentang spionase, patriotisme, perang, dilatarbelakangi oleh kisah cinta terlarang antara dua manusia.

Begitu saya menonton ulang DVD nya, kesan yang timbul dari film ini bukan hanya romantisme percintaan, tapi justru keberanian. Film ini selesai dibuat tahun 1942 semasa Perang Dunia Ke II masih berlangsung, plotnya tentang kota Casablanca yang mulai didatangi tentara Nazi Jerman. Kisahnya sangat aktual pada masa itu, karena memang tentara Jerman sudah mulai merambah ke Moroko.Ada adegan terkenal ketika di Rick's Cafe pasukan Jerman dan penduduk sipil adu lagu kebangsaan. (battle of the anthems sequence). Hal lain yang terkenal dari film ini tentu saja lagu "As Time Goes By", yang menjadi hit sepanjang jaman.

Quote yang diucapkan Humprey Bogart: "Here's looking at you, Kid." didaulat menjadi Number 1 The greatest movie line oleh American Film Institut. Quote-quote lainnya yang terkenal dari film ini adalah "Of all the gin joints in all the towns in the world, she walks into mine.", "Louis, I think this is the beginning of a beautiful friendship.", "Play it, Sam. Play 'As Time Goes By", "We'll always have Paris."

Tahun 1944 film ini mendapat 3 Oscar untuk kategori Best Picture (Film Terbaik), Best Director (Sutradara Terbaik) dan Best Screenplay (Skenario Terbaik).dan berada ranking ke tiga sebagai The Greatest Movie of All Time oleh American Film Institute.

My rating: **** (lima bintang) : Terutama karena endingnya yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar