17 April 2013

Menyaksikan Keindahan Terumbu Karang Pulau Abang dan Sekitarnya

Beberapa waktu yang lalu di blog ini saya telah menuliskan kisah perjalanan ke Pulau Abang dan sekitarnya (baca: Snorkeling di Pulau Hantu ) . Setelah itu saya dan beberapa rekan beberapa kali ke sana, terakhir adalah tanggal 14 April 2013 yang lalu, dan saya berkesempatan memotret beberapa bagian terumbu karangnya. Sebenarnya masih banyak lagi spot-spot snorkeling dan diving yang menarik di Pulau Abang kecil, Pulau Hantu, Pulau Dedap dan Pulau Ranu, dan saya berencana ke sana lagi untuk memotret lebih banyak.

Yang mengesankan bagi saya adalah banyaknya ditemui clown fish (tokoh utama dalam film animasi Disney, Finding Nemo), mereka tinggal dalam kelompok keluarga kecil di anemon-anemon yang menggemaskan. Juga beberapa spesies ikan lain yang tak kalah cantik dan colorful, yang karena keterbatasan peralatan, belum saya dapatkan fotonya. (Batam, 17042013)

Kuda Laut di Pulau Ranu

Terumbu karang di depan Pulau Hantu

Terumbu karang di depan Pulau Hantu

Koral di depan Pulau Hantu

Koral di depan Pulau Hantu

Clown fish yang banyak ditemukan di Pulau Dedap, depan Pulau Abang besar,
dan Pulau Hantu

Keluarga kecil clownfish di depan Pulau Hantu



Bulu babi yang memiliki bintik-bintik cahaya biru

Ganggang di depan Pulau Ranu

Terumbu karang di depan Pulau Hantu

Terumbu karang di depan Pulau Abang kecil

Kuda laut

Pelantar Pulau Abang

Di pantai Pulau Ranu


Tanjung kecil di Pulau Dedap dengan airnya yang biru bening

Warna warni terumbu karang di Pulau Hantu

Diposting pertama kali di www.ferdot.com . Foto-foto dilindungi hak cipta (C) Ferdiansyah, Batam. (ferdy@ferdot.com)