20 Juli 2007

Hypnerotomachia Poliphili

Judul lengkapnya adalah Hypnerotomachia Poliphili, ubihumana omnia non nisi somnium esse ostendit, atque obiter plurimascitu sanequamdigna commemorat, yang diterbitkan pada tahun 1499 (diterjemahkan dalam bahasa Inggris baru tahun 1999 yang lalu) adalah sebuah ensiklopedi yang tersembunyi dalam bentuk sebuah novel, sebuah tulisan mengenai semua hal, mulai dari arsitektur sampai ilmu hewan, yang ditulis dalam gaya yang dianggap bertele-tele bahkan oleh seekor keong sekalipun (seandainya keong bisa membaca). Buku ini adalah buku terpanjang di dunia mengenai seseorang yang sedang bermimpi, dan ini membuat Marcel Proust, penulis kisah terpanjang tentang seseorang yang sedang makan sepotong kue, tampak seperti Ernest Hemingway. Buku ini merupakan kumpulan plot dan karakter yang kusut, yang dihubungkan melalui tokoh sentralnya, yang bernama Poliphilo. Nama Poliphilo sendiri penuh kiasan, dari bahasa Yunani Polu` yang artinya 'banyak', dan philos yang artinya 'mencintai'.


Intisari ceritanya sangat sederhana: Poliphilo diganggu mimpi aneh tentang pencariannya akan wanita yang dicintainya, yang bernama Polia. Tetapi cara berceritanya begitu rumit hingga sebagian besar cendekiawan Renaisans menganggap Hypnerotomachia Poliphili begitu sulit dan membosankan. Arti Hypnerotomachia Poliphili dari bahasa Latin adalah "Perjuangan Poliphilo demi Cinta dalam Sebuah Mimpi".


Walaupun begitu, buku ini merupakan objek penelitian yang tak habis-habisnya, karena para ilmuwan berpendapat banyak rahasia besar dunia baik dulu (zaman Renaisans) maupun masa depan tersembunyi secara rahasia dalam bab-bab buku ini. Sebagai contoh, jika huruf-huruf pertama dari setiap bab dalam Hypnerotomachia Poliphili dirangkaikan, akan terbentuk sebuah akrostik bahasa Latin yang berbunyi: Polium Frater Fransiscus Columna Peramavit, yang artinya kira-kira "Bruder Fransesco Colonna sangat mencintai Polia". Nama Polia sendiri bisa berarti 'banyak', dari kata Polu` di atas.


Teks dalam buku ini menggunakan bahasa Latin Italia, Latin, akar dari bahasa Yunani, juga Arab dan Ibrani, dan juga hyrogliph yang berasal dari peradaban Mesir Kuno.


Karena adanya nama Fransiscus Columna (Latin) atau dalam idiom sekarang Fransesco Colonna, maka para ilmuwan menganggap seorang biarawan Italia bernama Fransesco Colonna lah yang menulis buku yang tadinya dianggap anonim, bahkan oleh penerbitnya Aldus Manutius.


Hal-hal seperti ini saya ketahui dari sebuah novel yang dibelikan oleh seorang rekan yang bernama Betty Kristina sewaktu dia "jalan-jalan tepuk tangan" di sebuah kota, yang berjudul The Rule of Four, karya Ian Caldwell dan Dustin Thomason. Novel misteri yang juga bergenre thriller ini berkisah tentang dua orang mahasiswa Princeton yang mempelajari misteri yang terkandung selama 5 abad dari Hypnerotomachia Poliphili. Penuh dengan intrik dan plot yang bagus, The Rules of Four sarat pujian. Di cover nya tercantum komentar dari Nelson Demille, penulis Up Country dan The General's Daughter: "Jika Scott Fitzgerald, Umberto Eco serta Dan Brown bergabung untuk menulis sebuah novel, hasilnya adalah The Rule of Four." Karena tertarik, saya mencari informasi lengkap tentang Hypnerotomachia Poliphili, antara lain di internet, lewat situs Wikipedia.


Bagaimana dengan syair-syair Ronggowarsito yang sarat pesan? Atau tulisan Jayabaya? Sudahkah ada literatur yang mengupas secara dalam karya sastra awal Indonesia, jauh sebelum lahirnya Abdoel Moeis, Achidat K Miharja dan lain-lain?

5 komentar:

  1. Besides all the results are lasting benefits of herb tea
    male enhancement treatments dissent depending on the great unwashed's situations.
    Look at my blog : webpage

    BalasHapus
  2. This is because you won't experience any let on that you could ameliorate your male penis dimensions as good as sexual actions. All they starve for cipher else other than your own two workforce! Yohimbe is among the about potent and potent herb tea remedies that every of instinctive member expansion is the use of Male Enhancement. So, Sizing Genetics is sensed as the overdoses or sure intervention spans.

    my site web site
    Also see my page :: penis enlargement

    BalasHapus
  3. A full, timber programme is crucial for beginners, revaluation, male enhancement costs $49.
    95 and I actually imagine that's estimable time value for your money.

    my web-site - homepage

    BalasHapus
  4. The bеlt workѕ to tightеn yоur muscle tisѕues by contractіng them, аnd then гelaxing them, and thеn
    гeρeаting the motіon, and іt targets all the
    muѕcle tіsѕues in your abdominal ѕеction.


    Feel free to suгf to my webѕite Social.Fbeach.Com

    BalasHapus
  5. Some people use the clay free form while others use molds for their creations.

    There are round stackable containers in several sizes; clear plastic boxes that hold 5 stacks of 5 linked containers; others made up of individual
    compartments with a single lid; and larger stackables for some of my really large
    wooden beads. The heavy-duty acrylic beads have beautiful iridescent coating, making
    the curtain perfect for use in almost all rooms in your house, including
    bedroom, pantry and laundry.

    Take a look at my web page beaded fringe trim

    BalasHapus